Cegah Peredaran Narkoba, Polsek Bungkal Paparkan Materi Desa Bersinar

featured image
PONOROGO - Sesuai instruksi Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo agar seluruh lapisan masyarakat untuk memerangi Narkoba, Pemerintah Desa Bancar,   Kecamatan Bungkal,   Kabupaten Ponorogo,   Jatim menggelar Sosialisasi Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di Gedung Balai Desa Bancar,   Jumat (18/3/2022) malam.

Acara dibuka oleh Kepala Desa Bancar,   Agus Sudarmono, SP yang dihadiri oleh Pilar Desa Bancar,   Perangkat Desa Bancar dan Pengurus serta puluhan Anggota Karang Taruna Bahktl Pertiwi. "Desa Bersinar adalah salah satu upaya Pemdes Bancar dalam pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba di Desa Bancar yang dikelola secara mandiri oleh pemerintah Desa bersama dengan masyarakat Desa, " ujar Agus Sudarmono.

Pihaknya menjelaskan tujuan Desa Bersinar adalah untuk meningkatkan pendampingan masyarakat Desa dalam penyelenggaraan fasilitas Desa Bersih Narkoba yang di kelola secara partisipatif, terpadu dan berkelanjutan dengan berbasiskan pendayagunaan sumberdaya di Desa. "Serta meningkatkan koordinasi dan kerjasama lintas pemangku kepentingan dalam memfasilitasi kegiatan Desa Bersih Narkoba, " jelasnya.

Adapun materi yang disampaikan oleh Polmas Desa Bancar, Aipda Dhoni Stiawan Nurharmoko, SH yang juga PS Kanit provos Polsek Bungkal tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba dan HIV Aids serta Edukasi hukum UU No 35 Than 2009 Tentang Narkotika serta UU No 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.

Aipda Dhoni Stiawan Nurharmoko menyampaikan bahwa kegiatan  sosialisasi Desa Bersinar di Desa Bancar ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian bersama termasuk Aparat Kepolisian kepada generasi muda dalam rangka pencegahan peredaran dan penyalahgunaan Narkoba khususnya di Desa Bancar. “Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pangetahuan dan pemahaman kepada generasi muda tentang bahaya Narkoba, sehingga di harapkan nantinya mereka tidak terjerumus ataupun menjadi korban dalam penyalahgunaan Narkoba, " ungkap Aipda Dhoni Stiawan Nurharmoko.

Dia juga mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pangetahuan dan pemahaman kepada para generasi muda tentang bahaya Narkoba.  "Sehingga di harapkan nantinya mereka tidak terjerumus ataupun menjadi korban dalam penyalahgunaan Narkoba, " harapnya.

Pun,   Dhoni menegaskan bahwa sosialisasi ini sangat penting artinya bagi seluruh anak muda karena dapat memberikan pencerahan untuk bersama-sama menanggulangi dan mencegah peredaran narkoba di Indonesia. "Narkoba merupakan musuh bersama untuk itu saya ingatkan seluruh anak muda agar jangan coba-coba terlibat dalam penyalahgunaan narkoba karena sanksinya berat, mari kita bersama-sama memeranginya, " bebernya.

Selanjutnya dia  mengatakan bahwa, untuk mencegah dan memberantas penyalahgunaan narkoba merupakan kewajiban seluruh anak bangsa. "Sebagai generasi muda wajib untuk mencegah penyahgunaan narkoba dengan melakukan sosialisasi ke masyarakat akan dampak dan bahaya narkoba. Jangan sampai kita terlibat dalam penggunaan dan pengedaran narkoba, " pintanya.

Sedangkan Rafirana selaku Pendamping Lokal Desa Bancar menyampaikan Penggunaan Dana Desa dalam program Desa Bersinar. "Pemdes Bancar benar-benar luar biasa, dan saya sangat bangga khususnya pemuda-pemudi yang malam ini hadir sebagai audiens nantinya bisa meng-gethoktularkan kepada temannya, juga lingkungannya. Dengan demikian semua pemuda-pemudi yang sudah mengikuti sosialisasi dan penyuluhan ini menjadi handal dan nanti bisa langsung mensosialisasikan, menularkan kebaikan kepada teman-temannya, " harap Rafirana

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cegah Peredaran Narkoba, Polsek Bungkal Paparkan Materi Desa Bersinar"

Posting Komentar